Tipe ibu hamil yang manakah Anda?

Tipe ibu hamil yang manakah Anda?

54

Tidak semua calon ibu merasa tenang dan berbunga-bunga menghadapi kehamilannya. Perubahan hormon yang terjadi kadang membuat kepribadian Anda berubah. Menjadi ibu hamil tipe apa Anda sekarang? Berikut ini tipe-tipe ibu hamil yang dipetakan oleh para ahli beserta penjelasannya.

Princess Mom

Setiap calon ibu pantas untuk mendapat perhatian dari orang sekelilingnya, tetapi ibu hamil yang satu ini punya level perhatian yang lebih tinggi. Ia ingin menjadi bintang dan selalu ingin perhatian ekstra istimewa.

Ibu hamil tipe ini menikmati perhatian yang positif atas kehamilannya, sebab kehamilan membuat ia bisa mendapatkan keinginan dan menjadi bagian di dalamnya.

“Anda bergantung pada orang-orang di sekitar Anda untuk selalu mendukung Anda mengatasi kecemasan saat hamil. Tetapi hal ini akan memberi kesulitan setelah Anda punya bayi dan perhatian akan beralih kepada Si Kecil,” ujar Mia Scotland, seorang psikolog.

Solusi: Jika ini tipe Anda, ingat bahwa banyak yang turut bersuka cita bersama Anda, tetapi jangan berharap semua orang akan tertarik pada hal-hal detail yang akan Anda alami. Sisakan kecemasan itu hanya untuk dokter yang merawat Anda saja, Moms.

The Rebel

Ibu hamil dengan tipe ini sangat yakin bahwa kehamilan tidak akan mengubah apa pun di hidupnya. Ia menertawakan stiker ‘Baby on Board’ dan kerap kali melawan anjuran dokter kandungan.

The Rebel alias Si Pemberontak menganggap, jika di zaman dahulu perempuan bisa melahirkan di gua, mengapa juga hamil menjadi manja. “Ibu hamil menjadi pemberontak sebagai caranya untuk tampil beda,” ungkap Mia.

Meskipun demikian, kebanyakan sikap itu hanya yang terlihat saja, karena sesungguhnya, ibu hamil pemberontak sangat peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain terkait kehamilannya.

Solusi: Jika ini tipe Anda, berhentilah mengkhawatirkan apa yang orang pikirkan. Nikmati kehamilan dan jangan terlalu memikirkan pendapat orang lain, atau hal itu akan menghentikan Anda menikmati kehamilan.

The Shopaholic

Menyambut Si Kecil menjadi alasan terbaik untuk The Shopaholic berbelanja. Mulai dari kain kasa hingga high chair berlapis kulit, semua diborong, bahkan sebelum tendangan dan gerakan Si Kecil terasa di perut. Semua itu memberikan rasa gembira dan mengalihkan perhatian dari perasaan negatif mengenai proses persalinan.

Solusi: Jika ini tipe Anda, cobalah sharing dengan mereka yang sudah lebih dahulu memiliki bayi, sehingga Anda dapat menentukan manakah barang-barang yang benar-benar dubutuhkan atau tidak.

The Eco Tiger

Ibu hamil dengan tipe ini sangat membumi dan memilih untuk menjalani kehamilan sealami mungkin. Contohnya, teman-teman Anda sudah membelikan gendongan bayi yang paling canggih, Anda malah menggunakan kain panjang.

Di saat teman-teman Anda sedang mempertimbangkan hypnobirthing, Anda malah sudah mendaftarkan diri. Bahkan Anda dan suami telah sepakat untuk memakai cara water birth. Anda sangat percaya bahwa cara alami adalah yang paling aman, sedangkan yang modern malah akan melukai calon bayi Anda.

Solusi: Jika ini tipe Anda, ingat bahwa kehamilan bukanlah kompetisi menggunakan popok kain dan melahirkan normal tidak membuat Anda memenangkan piala apa pun.

Pikirkan dengan bijaksana alasan Anda memilih melahirkan dengan normal atau tidak. Pastikan bahwa itu adalah yang terbaik untuk Anda dan calon bayi, bukan untuk mengesankan siapa pun.

Pregzilla

Di kehidupan normal, Anda adalah orang yang terkendali. Tetapi saat hamil, Anda berubah menjadi pregzilla, seorang ibu hamil yang mengerikan. Setiap detail dari kehamilan harus sempurna.

Ibu hamil tipe ini bahkan menulis rencana persalinan hingga 10 halaman dan membawa daftar nutrisi makanan yang tepat untuk setiap trimester ke mana-mana. Ibu hamil tipe ini juga menetapkan hari H tepat dengan waktu cuti dimulai. Bahkan perkembangan Si Kecil sudah dihitung sampai titik yang paling menguntungkan dan maksimal.

Solusi: Jika ini tipe Anda, ingat! Pengalaman membuktikan bahwa membiarkan standar sedikit melenceng itu perlu, sebab di saat bayi lahir, Anda dapat merasa lebih baik. Anda butuh lebih bebas untuk mengabaikan daftar-daftar yang ada dan meriset untuk hari-hari yang baru nanti. So, just enjoy your pregnancy! (M&B/SW/Dok. Freepik)

Sumber Mother and Baby Indonesia

Share it