Di tempat ini, anak bisa sekalian belajar bahasa

Di tempat ini, anak bisa sekalian belajar bahasa

269

Sejak masih dalam rahim, janin sudah mulai mempelajari bahasa melalui suara yang ia dengar dari luar perut ibunya. Itulah sebabnya saat dilahirkan, bayi tampak tidak asing dengan suara-suara atau bahasa di sekitarnya, terutama suara ibunya. Anda pun bisa memberikan stimulasi agar kemampuan Si Kecil untuk berbahasa dapat berkembang dengan baik.

Berikut ini tempat-tempat yang bisa Anda gunakan untuk melatih Si Kecil mengembangkan kemampuan bahasanya dengan seru dan menyenangkan.

Playground

Ajari Si Kecil cara untuk menyapa, memperkenalkan diri, dan berkenalan dengan anak atau orang lain. Setelah cukup mahir melakukannya, ajaklah ia ke playground atau taman bermain.

Arahkan Si Kecil mempraktikkan kemampuannya untuk berkenalan dengan teman-teman baru yang juga sedang bermain di sana. Jika ia berhasil melakukannya, berikan pujian dan reward, seperti membelikan kue kesukaannya sepulang dari playground.

Selain melatih kemampuan bahasa, aktivitas ini juga akan membantu meningkatkan keterampilan sosial dan kepercayaan diri Si Kecil.

Taman

Siapkan beberapa gambar benda-benda yang ada di taman sekitar rumah Anda, seperti pohon, bunga, ayunan, kupu-kupu, dan burung. Anda dapat mengambil gambar-gambar tersebut dari internet dan mencetaknya di atas kertas.

Sebelum berangkat ke taman, perlihatkan kepada Si Kecil dan sebutkan apa saja nama bendanya. Ketika sampai di taman, tunjukkan kembali gambar yang Anda miliki dan minta ia menunjukkan di mana benda itu berada sekaligus menyebutkan namanya.

Kebun Binatang

Ajaklah Si Kecil berkeliling di kebun binatang untuk melihat berbagai macam hewan yang ada di sana dan beri tahu kepadanya bagaimana suara hewan-hewan tersebut. Minta ia untuk mengikuti suara yang Anda contohkan, misalnya suara singa, gajah, kuda, atau burung.

Saat istirahat makan siang, sebutkanlah beberapa nama hewan dan minta Si Kecil untuk mencontohkan suaranya. Jika ia bisa menjawab dengan benar, berikan pujian atau hadiah padanya.

Rumah dan Mobil

Bernyanyi bersama merupakan cara paling sederhana untuk mengenalkan bahasa pada anak. Saat bangun di pagi hari, Moms bisa menyanyikan lagu Bangun Tidur. Saat mandi, Anda juga bisa mengajaknya bernyanyi. Demikian juga pada waktu sebelum makan, hingga saat ia akan tidur.

Selain di rumah, Anda juga dapat bernyanyi bersamanya. Misalnya di mobil saat Anda terkena macet untuk menghindarinya dari rasa bosan, atau saat sedang jalan-jalan berlibur ke daerah pegunungan ajak ia bernyanyi Naik-Naik ke Puncak Gunung. Si Kecil pasti akan merasa senang dan terhibur. (M&B/SW/Dok. Freepik)

Sumber Mother and Baby Indonesia

Share it