10 Cara memaksimalkan kepercayaan diri dari ahlinya

10 Cara memaksimalkan kepercayaan diri dari ahlinya

75

Rata-rata orang menghabiskan lebih dari dua jam sehari di situs media sosial, mencermati versi sempurna dari para teman-teman, rekan kerja, dan selebriti. Jenuh oleh cita-cita tentang bagaimana kehidupan kita ‘harus’ terlihat seperti apa melalui media sosial, tidak mengherankan bahwa kurangnya rasa percaya diri adalah sesuatu yang kita semua alami sampai titik tertentu dalam kehidupan kita.

Menurut James Lamper, psikolog dari Emotion Matters, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memberdayakan diri kita dengan harga diri dan kepercayaan diri. “Menemukan dan mengenali kekuatan batin dan kecantikan kita adalah penangkal kehidupan yang penuh tekanan dan pikiran kita yang kadang-kadang bisa membajak kita,” katanya.

“Kita luar biasa, lihat saja ke dalam dan temukan alat yang Anda miliki untuk menjadi diri Anda yang paling luar biasa, autentik, dan percaya diri.”

Berikut ini, James berbagi 10 praktik meningkatkan kepercayaan diri yang sederhana dan efektif:

1. Selama tiga hari, tuliskan pujian yang Anda terima dari orang lain

“Jurnal adalah alat luar biasa yang dapat membantu kita mengesampingkan pikiran yang berada di kepala kita, pada gilirannya menciptakan jarak dari pemikiran dan menawarkan kesempatan untuk mencerminkan dan menemukan kejelasan.

Ini juga menawarkan kesempatan untuk mendeskripsikan dan memberi nama terhadap perasaan kita, sehingga kita dapat mulai memprosesnya. Merefleksikan peristiwa positif dan pujian yang Anda terima sama pentingnya dengan memproses lebih banyak peristiwa yang menegangkan – membantu Anda untuk mengakui, memperkuat dan mewujudkan sisi positif dari Anda.”

2. Identifikasi apa yang membuat Anda unik

“Kita semua memiliki sesuatu yang istimewa, yang unik milik kita, yang dapat kita bawa ke dunia. Anda dapat menjadi seorang yang kreatif, memiliki rasa petualangan atau fakta Anda adalah pendengar yang hebat.

Anda tahu apa karunia batin Anda, karena setiap sel di dalam tubuh Anda memberi tahu bahwa ini benar, ini adalah Anda. Ketika Anda memelihara dan berbagi karunia batin Anda dengan dunia, sisi yang lebih positif dan peluang akan kembali kepada Anda.”

3. Ingat terakhir kali Anda mengangkat diri

“Ingat dengan singkat saat ketika kehidupan menekan Anda, Anda jatuh berlutut, dan sakit. Sekarang ingat bagaimana Anda mengangkat diri, menemukan kekuatan dan ketahanan untuk membangun kembali kehidupan Anda. Ketahui dan percaya bahwa kekuatan ini selalu dengan Anda.”

4. Tuliskan lima hal yang disukai teman Anda tentang Anda

“Terkadang kita dapat memiliki perspektif yang sempit, terutama ketika kita dikuasai oleh pemikiran yang tidak membantu. Teman adalah cermin sosial kita dan mereka dapat membantu kita mengubah pandangan kita untuk melihat kualitas yang indah dan luar biasa tentang diri kita sendiri. Terima apa yang Anda dengar dengan rasa syukur.”

5. Sebutkan hal paling menakjubkan yang dilakukan tubuh Anda untuk Anda

“Tubuh kita adalah mesin paling menakjubkan yang diciptakan oleh alam. Ada begitu banyak kekuatan dan kualitas dalam tubuh kita, jika kita hanya membutuhkan waktu sejenak untuk mengakuinya. Ini membantu kita menjadi lebih baik dan merawat tubuh kita.”

6. Pilih satu aspek dari karakter Anda yang Anda sukai

“Tindakan memilih satu aspek dari karakter kita membuat kita mempertimbangkan banyak karakter positif yang kita pegang. Menyesuaikan dengan yang kita cintai, membangun kepercayaan diri dan kekuatan dalam diri kita masing-masing.”

7. Renungkan kekuatan dan dukungan yang Anda berikan kepada orang lain

“Refleksi diri adalah cara yang anggun untuk mengakui pengalaman kita, dari sisi belas kasih dan pengertian. Berjalan di alam, menelusuri pikiran dalam diri Anda, berbicara dengan seorang teman, atau menuliskan beberapa pemikiran di telepon seluler Anda, adalah cara kita menciptakan ruang untuk mengakui betapa kuatnya kita kepada orang-orang di sekitar kita.”

8. Identifikasi waktu yang Anda rasa lebih tahan terhadap pasang surut kehidupan

“Ini semua tentang mengangkat diri kita sendiri. Bagaimana kita mendapatkan kembali kehidupan kita ke jalur yang benar, kualitas apa yang kita perlu tunjukkan untuk mencapai hal-hal ini? Ketahanan seperti pohon yang berdiri kokoh di tengah badai, dalam hal yang sama kita kuat ketika kehidupan kita terasa berat.”

9. Tuliskan tiga pencapaian terbesar Anda

“Ketika kita kehilangan rasa harga diri kita, mudah untuk melupakan semua yang telah kita capai. Di sini, ingatlah bahwa pencapaian besar tidak harus menyelesaikan tantangan yang memecahkan rekor, memecahkan rekor dunia – pencapaian terbesar mungkin datang dalam bentuk yang lebih halus yang membutuhkan waktu sejenak untuk disadari.”

10. Bersyukur atas apa yang Anda alami setiap hari

“Tersenyum meningkatkan suasana hati, mengurangi stres dan meningkatkan kekebalan Anda. Anda akan merasa lebih baik, dan membuat tubuh Anda lebih kuat.”

(Penulis: Jessica Davis; Artikel ini disandur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Meiske Fabiola; Foto: Bazaar UK)

Sumber Harpers Bazaar Indonesia

Share it